Apakah Mount Everest Gunung Tertinggi di Dunia ?


Ketika anda masih di sekolah dulu,dalam pelajaran Geografi jika ditanya apa nama gunung tertinggi di dunia? Pasti anda menjawab Mount Everest atau gunung Everest yang ada di Nepal.Tapi,tahukah anda jika jawaban tersebut belum tentu benar.

Gunung Everest di Himalaya
Sebelum kita menjawab benar atau salah jawaban tersebut,marilah kita telaah dulu beberapa metode dalam menentukan dan mengukur suatu gunung tertinggi di dunia.
1.from above sea level (Pengukuran dilakukan dari atas permukaan laut).
2.from its bottom/base (Pengukuran dilakukan dari dasar gunung). 
3.from the center of the earth (Pengukuran dilakukan dari pusat bumi).

Jika cara pengukuran pertama dilakukan,yaitu jika di ukuran dari atas permukaan laut maka gunung Everest lah yang tertinggi di dunia dengan ketinggian dari permukaan laut adalah 8.848,dilanjutkan dengan gunung K2 (Godwin Austen), pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 8,611 m.


Namun,apabila cara pengukuran kedua dilakukan maka gunung mauna kea (Hawaii/AS)  lah yang tertinggi di dunia,Gunung  ini menjulang dari dasar kedalaman Samudera Pasifik sepanjang 10,203 meter tetapi hanya setinggi 4.205 meter di atas permukaan laut.

Mauna kea
Dengan metode pengukuran ke dua ini Gunung Everest hanya berada di posisi ke-3 di bawah Gunung Denali (Mount McKinley) di Alaska dengan ketinggian antara 5,300-5,900 meters. Denali lebih tinggi dari Everest karena Everest berdiri di atas dataran tinggi Tibetan Plateau dengan ketinggian 5.200 meter, sehingga ketinggian dari dasar hanya 3.650 meter saja (total 8.848 meter).

Tentang Mauna Kea

Mauna Kea adalah gunung berapi aktif terbesar yang terletak di sebelah utara Pulau Hawaii, sekitar 43 km barat laut dari Hilo. Ketinggiannya 4205 m di atas permukaan laut, Mauna Kea menghujam ke wilayah laut sedalam 5547 km ke arah dasar laut. Jadi, jika dihitung dari dasar laut ke puncak gunung maka Mauna Kea adalah yang tertinggi di Bumi. Terakhir kali Mauna Kea aktif lebih dari 4000 tahun yang lalu. Pada puncaknya terdapat salju yang mengerucut dan biasa digunakan untuk bermain ski serta wilayah ini termasuk dalam situs Observatorium Mauna Kea yang merupakan observatorium astronomi tertinggi di dunia. Pada lereng bagian atas gunung terdapat gua tempat orang Hawaii kuno menggali basal untuk membuat peralatan. Lereng bawah gunung biasa digunakan untuk peternakan sapi dan perkebunan kopi. Gunung ini dianggap dalam legenda Hawaii sebagai rumah dari Dewi Poliahu, dewi api Mauna Kea.. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea berarti Gunung Putih karena puncaknya yang tertutup salju.Berikut adalah gambara Mauna Kea:

Perbandingan Ketinggian antara Mauna Kea,Mount Everest dan gunung yang ada di Planet Mars





Semoga bermanfaat.....




Komentar