Kamis, 29 Maret 2012

Pengertian Geografi Menurut Beberapa Ahli



1.Claudius Ptolomaeus (abad ke-2)
Geografi adalah suatu penyajian dengan peta dan sebagian pemukaan bumi yang menunjukkan kenampakan umum yang terdapat padanya.

2.Preston e James
Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.

3.Lobeck (1939)
Gegografi adalah suatu studi tentang hubungan – hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
 
4.Frank Debenham (1950)
Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

5.Strabo (1970)
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemuadian di sebut Konsep Natural Atrribut of Place.
 
6.Prof. Bintarto (1981)
Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
 
7.Depdikbud (1989)
Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

8.Bisri Mustofa (2007)
Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

9.Harstone
Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.

10.Wikipedia
Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘo (“Bumi”) dan graphein (“menulis”, atau “menjelaskan”).

Rabu, 28 Maret 2012

10 TER Dalam Dunia Geografi

Ada berbagai macam fakta mengenai geografi diseluruh dunia.Berikut adalah sepuluh fakta yang TER dalam dunia geografi...

1.Pulau terbesar adalah pulau Greenland yang memiliki luas 839.999 mil².



2.Kepulauan terbesar adalah negara kepulauan Indonesia yang memiliki 17.000 pulau dalam bentang 500mil. 



3.Air terjun tertinggi adalah Angel Falls di Venezuela yang memiliki ketinggian 3.212 kaki. 



4.Laguna terbesar adalah Lagoa dos Patos, Brasil sepanjang 150 mil dengan luas 4.500 mil².



5. Negara terluas adalah Rusia seluas 17.075.400 km².



6.Negara terkecil adalah Vatikan yang hanya seluas 0.44 km².




7.Benua terbesar adalah benua Asia dengan luas 44.579.000 km² (17.212.000 mil²).



8.Benua terkecil adalah benua Australia dengan luas 3.132.000 mil².



9.Samudra terkecil adalah Samudra Arktik yang hanya memiliki luas 5.427.000 mil²



10.Samudra terbesar adalah Samudra Pasifik yang memiliki luas 60.060.700 mil².

 

Tawon Raksasa Ditemukan di Sulawesi Tenggara

Sebuah spesies tawon baru ditemukan di Indonesia. Peneliti dari University of California mendapati tawon tersebut saat melakukan ekspedisi ilimiah di kawasan pegunungan Mekongga, Sulawesi Tenggara. Tawon itu memiliki ukuran panjang 6,35 cm dan memiliki rahang yang besar. Yang paling aneh dari hewan ini adalah rahangnya itu juga lebih besar dibandingkan dengan kakinya.

Menurut peneliti, spesies tawon itu masuk dalam genus Dalara dan keluarga Crabronidae. Spesies ini sendiri diberi nama Garuda, mengikuti nama simbol negara Indonesia.

Peneliti yakin bahwa rahang raksasa itu kemungkinan memainkan peranan penting dalam pertahanan serta reproduksi. Diketahui, dalam spesies lain di genus tersebut, hewan jantan tinggal di sekitar jalan masuk ke sarang. Mereka bertugas untuk melindungi sarang dari parasit dan pencuri. Dan sebagai upah atas tugas-tugasnya, para pejantan mengawini para betina saat mereka kembali ke sarang dan sekaligus merupakan cara untuk memastikan garis keturunan hewan tersebut. Selain itu, rahang tawon jantan itu juga cukup besar untuk mengalungi dada tawon betina dan memeluknya saat kawin.

Sulawesi, sebuah pulau besar Indonesia yang terletak di antara Borneo dan Guinea tak hanya terkenal sebagai kawasan dengan biodiversitas yang sangat kaya, tetapi juga dengan hutan hujannya serta kedekatannya (hanya tiga derajat) dari garis katulistiwa.

“Pertamakali saya melihat tawon ini, saya yakin bahwa yang saya lihat adalah sesuatu yang luar biasa,” kata Lynn Kimsey, Director of the Bohart Museum of Entomology dan juga professor entomology dari University of California. “Saya sangat kenal dengan tawon dari anggota keluarga Crabronidae, tetapi saya belum pernah melihat yang serupa ini di spesies Dalara. Kami belum mengetahui banyak hal terkait tawon ini. Yang pasti, mereka hanya ditemukan di tenggara Sulawesi,” ucapnya.


Sulawesi, kata Kimsey, menyimpan banyak spesies langka dan terancam punah yang belum pernah dilihat oleh penduduk di belahan dunia lainnya.

Berikut ini adalah gambar dari Tawon raksasa tersebut:

Wuidih...sangar euy...

Mungkin seperti inilah perbandingan antara tawon raksasa dan tawon biasa

Kebayangkan besarnya seperti apa

Selasa, 27 Maret 2012

Penyebab Pemanasan Global Versi NASA


 Pemanasan Global Versi NASA

Badan antariksa Amerika (NASA) melaporkan hasil penelitan tentang iklim di bumi yang dilakukan selama enam tahun. Menurut hasil penelitian itu, pemanasan global yang menerpa bumi terjadi bukan karena faktor matahari, namun perilaku manusialah yang mendorong perubahan iklim sedunia.

Penelitian itu mengukuhkan bahwa antara tahun 2005 dan 2010, ketidakseimbangan energi Bumi terus memburuk. Itu artinya, planet ini menyerap lebih banyak energi surya sebagai panas daripada yang dikembalikannya ke antariksa. Ini terjadi walaupun kenyataan menunjukkan bahwa tingkat energi matahari sangat rendah selama sebagian besar tahun-tahun tadi.

Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa konsentrasi karbon dioksida (CO2) yang meningkat dalam atmosfer, yang dihasilkan terutama oleh kegiatan manusia, adalah penyebab utama pemanasan global. Fenomena iklim yang tidak pernah terjadi sebelumnya itu telah meningkatkan suhu permukaan rata-rata Bumi, peningkatan 0,8 derajad Celsius sejak tahun 1880, dan menaikkan tingkat CO2 yang sekarang ke 392 part per satu juta.

Para ilmuwan NASA yang melakukan penelitian baru itu mengatakan perhitungan mereka menunjukkan bahwa tingkat karbon dioksida atmosfer harus turun paling sedikit 350 part per satu juta untuk memulihkan perimbangan energi Bumi.

Menurut ketua tim penelitian NASA, James Hansen, ketidakseimbangan energi yang terus berlangsung di Bumi memberi “indikasi yang jelas bahwa matahari bukan penyebab yang dominan pemanasan global.

Hansen adalah direktur Institut Goddard NASA untuk Penelitian Antariksa di Kota New York. Ia baru-baru ini menyebut gagasan membatasi pemanasan global buatan manusia hingga “batas yang aman” yang diakui internasional, yakni 2 derajad Celsius di atas tingkat pra-industri sebagai “resep bencana.”

Hari Meteorologi Dunia 2012

Meteorologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk mempelajari perkiraan cuaca.Kalian ada yang tahu kapan hari meteorologi sedunia diperingati ? 

Pada setiap tanggal 23 Maret diperingati Hari Meteorologi Dunia. Tahun 2012 yang memasuki tahun ke-62 ini, peringatan mengandung pesan konfirmasi akan problem laju pemanasan global yang semakin cepat.

Hari Meteorologi Dunia 2012 dengan tema "Powering our future with weather, climate, and water" bermaksud kembali mengangkat kesadaran seluruh publik mengenai pemanasan global. Serta isu-isu lingkungan lainnya yang berpengaruh secara langsung maupun tidak pada cuaca, iklim, dan persediaan air.

Aktivitas manusia di 2011 telah menyebabkan suhu global meningkat mendekati rekor tertinggi. Sementara dekade antara 2001-2010 juga merupakan yang terpanas dialami seluruh benua secara merata.Pihak World Meteorological Organization (WMO) sebagai bagian dari badan PBB, mencatat perubahan iklim bumi terus berlanjut. WMO mengingatkan konsekuensi-konsekuensi yang harus ditanggung apabila pemanasan global akan menjadi permanen kelangsungannya."Saat ini pemanasan global terjadi karena aktivitas manusia. Dan bumi yang lebih hangat bisa menghasilkan dampak-dampak yang terlalu jauh, tidak dapat diubah (irreversible impact) bagi lapisan atmosfer dan lautan," Sekretaris Jenderal WMO, Michel Jarraud mengatakan.

Berbagai ciri perubahan iklim yang kian nampak di berbagai penjuru Bumi adalah badai siklon tropis, tornado, cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir dan kekeringan, dan pencairan es di kutub.
 
(Sumber:NGIndonesia)

8 Fakta Tentang Air Dunia

Delapan fakta ini diungkapkan oleh The Earth Institute tentang air dunia. Salah satunya mengenai akumulasi penggunaan air di tiga negara terpadat di Bumi.


Dalam rangka Hari Air Sedunia 2012 yang jatuh pada hari Kamis (22/3), The Earth Institute Columbia University memberikan beberapa fakta mengenai air dan makanan yang ada di Bumi. Berikut ini adalah fakta-fakta yang dipaparkan oleh The Earth Insitute.
1. Jika diakumulasikan, penggunaan air di India, Cina, dan Amerika Serikat adalah satu pertiga dari jumlah seluruh air di dunia.
2. Lebih dari 90 persen penggunaan air adalah untuk pertanian dan perkebunan. Walaupun begitu, hanya 16 persen lahan yang telah teririgasi dari sekian banyak penggunaan air untuk pertanian.
3. 16 persen lahan yang teririgasi menghasilkan 36 persen bahan makanan.
4. Ekstraksi air tanah meningkat tiga kali lipat hanya dalam waktu lima tahun. Konsumsi air tanah di Cina dan India meningkat sepuluh kali lipat sejak tahun 1950.
5. Penggunaan air tanah yang begitu besar berkontribusi terhadap kenaikan permukaan laut sebanyak 25 persen dalam beberapa tahun terakhir.
6. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Climate Dynamics, penggunaan air tanah juga mengubah iklim lokal dan mempercepat pemanasan global.
7. Menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), pada tahun 2030 hampir setengah populasi manusia yang ada akan kekurangan air.
8. Krisis air akan mengancam kelangsungan pembangkit listrik di dunia. Krisi air yang diakibatkan permintaan yang tinggi akan membuat pembangkit listrik tidak berfungsi.

(Sumber:NGIndonesia)