Perangkat Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran : Geografi
Satuan Pedidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Nama Guru : Guntur Gonzalez
NIM : A1A510265
Sekolah : SMA Negeri 6 Banjarmasin
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMA Negeri 6 Banjarmasin
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur
Geosfer
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
o
Menentukan jenis air tanah berdasarkan
letaknya dan mengidentifikasi ciri-ciri sungai menurur profil memanjang
o
Mendeskripsikan DAS
o
Menganalisis factor penyebab kerusakan
DAS
o
Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengetahui pola pembagian badan sungai
-
Mengetahui jenis-jenis sungai
-
Mendefinisikan sungai-sungai yang ada di
kota Banjarmasin
B. Materi Pembelajaran
Sungai
merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke
sungai yang lain. Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir
meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Dengan melalui
sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk
mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri
dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai.
Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air
biasanya berbatasan dengan kepada saluran dengan dasar dan tebing di sebelah
kiri dan kanan. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai
muara sungai.
Sungai
merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya
terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah
tanah, dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es
/ salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Kemanfaatan
terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum,
sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya
potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Di Indonesia saat ini terdapat
5.950 daerah aliran sungai (DAS).
Sungai
terdiri dari beberapa bagian yaitu:
Bagian Hulu
Bagian
hulu memiliki ciri-ciri: arusnya deras, daya erosinya besar, arah erosinya
(terutama bagian dasar sungai) vertikal. Palung sungai berbentuk V dan
lerengnya cembung (convecs), kadang-kadang terdapat air terjun atau jeram dan
tidak terjadi pengendapan.
Bagian Tengah
Bagian
tengah mempunyai ciri-ciri: arusnya tidak begitu deras, daya erosinya mulai
berkurang, arah erosi ke bagian dasar dan samping (vertikal dan horizontal),
palung sungai berbentuk U (konkaf), mulai terjadi pengendapan (sedimentasi) dan
sering terjadi meander yaitu kelokan sungai yang mencapai 180° atau lebih.
Bagian Hilir
Bagian
hilir memiliki ciri-ciri: arusnya tenang, daya erosi kecil dengan arah ke
samping (horizontal), banyak terjadi pengendapan, di bagian muara kadang-kadang
terjadi delta serta palungnya lebar.
Berikut
ini adalah kegunaan / manfaat perairan darat bagi manusia yang ada di
sekitarnya :
1. Sumber energi pembangkit listrik
2. Sebagai sarana transportasi
3. Tempat rekreasi atau hobi
4. Tempat budidaya ikan, udang, kepiting, dll
5. Sumber air minum makhluk hidup
6. Bahan baku industri
7. Sumber air pertanian, peternakan dan
perikanan
8. Sebagai tempat olahraga
9. Untuk mandi dan cuci
10. Tempat pembuangan limbah ramah lingkungan
11. Tempat riset penelitian dan eksplorasi
12. Bahan balajar siswa sekolah dan mahasiswa
C. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan.
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Gambar – gambar sungai
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi:
-
Guru menyapa siswa dan mempresensi.
-
Guru memimpin atau mempersilahkan siswa
untuk memimpin do’a
-
Guru melakukan pengulangan terhadap
materi sebelumnya
-
Guru memberikan petunjuk tentang materi
yang akan di ajarkan
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
-
Guru menjelaskan mengenai pola
pembagian,jenis dan manfaat sungai
-
Tanya jawab mengenai pola
pembagian,jenis dan manfaat sungai
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
-
Mendiskusikan dan memahami pola
pembagian,jenis dan manfaat sungai
-
Guru menarik kesimpulan analisis siswa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
Kegiatan
Penutup
-
Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas.
-
Memberi penugasan berupa pekerjaan rumah
F. Penilaian
Penilaian tertulis
- Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Essai
1.
Tuliskan pengertian sungai menurut
beberapa ahli?
2.
Sebutkan pola pembagian sungai secara
umum?
3.
Carilah sungai yang menurut kalian unik
dan menarik (minimal 3)!
Jawaban
1.
Sungai adalah sistem pengairan air dari
muai hulu air sampai ke muara dengan dibatasi kanan-kirinya serta sepanjang
pengalirannya oleh sempadan sungai (sudaryoko,1986)
2.
Bagian hulu,tengah,dan hilir
3.
Sungai Nil (terdapat bendungan Aswan)
dan sungai tamborasi (sungai terpendek di dunia)
Penilaian
Performance/Sikap
- Penilaian saat diskusi
Sikap/Aspek yang
dinilai
|
nilai kualiatif
|
nilai kuantitatif
|
Deskripsi (alasan)
|
||
Pemahaman materi
pembahasan
|
|||||
Kemampuan melakukan
analisis
|
|||||
Kemampuan menyampaikan
pendapat
|
|||||
Partisipasi dalam
diskusi
|
|||||
Kemampuan penggunaan
bahasa yang baik dalam diskusi
|
|||||
Nilai Rata-rata
|
|||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
memuaskan
|
4
|
>80
|
Baik
|
3
|
68-79
|
Cukup
|
2
|
56-67
|
Kurang
|
1
|
<55
|
Mengetahui, April .....
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Geografi
Komentar
Posting Komentar