contoh Format RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) Geografi


Perangkat Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran          :  Geografi
Satuan Pedidikan      :  SMA
Kelas/Semester           :  X/1
Nama Guru                :  Guntur Gonzalez
NIM                            : A1A510265
Sekolah                       : SMA Negeri 6 Banjarmasin

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                 : SMA Negeri 6 Banjarmasin
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi                 : 3. Menganalisis unsur-unsur Geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya      terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
o   Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dan mengidentifikasi ciri-ciri sungai menurur profil memanjang
o   Mendeskripsikan DAS
o   Menganalisis factor penyebab kerusakan DAS
o   Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS
Alokasi Waktu                         : 1 x 30 menit










 A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-                  Mengetahui pola pembagian badan sungai
-                  Mengetahui jenis-jenis sungai
-                  Mendefinisikan sungai-sungai yang ada di kota Banjarmasin

B.     Materi Pembelajaran
Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain. Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Dengan melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan kepada saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.
Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es / salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Di Indonesia saat ini terdapat 5.950 daerah aliran sungai (DAS).
Sungai terdiri dari beberapa bagian yaitu:
Bagian Hulu
Bagian hulu memiliki ciri-ciri: arusnya deras, daya erosinya besar, arah erosinya (terutama bagian dasar sungai) vertikal. Palung sungai berbentuk V dan lerengnya cembung (convecs), kadang-kadang terdapat air terjun atau jeram dan tidak terjadi pengendapan.
Bagian Tengah
Bagian tengah mempunyai ciri-ciri: arusnya tidak begitu deras, daya erosinya mulai berkurang, arah erosi ke bagian dasar dan samping (vertikal dan horizontal), palung sungai berbentuk U (konkaf), mulai terjadi pengendapan (sedimentasi) dan sering terjadi meander yaitu kelokan sungai yang mencapai 180° atau lebih.
Bagian Hilir
Bagian hilir memiliki ciri-ciri: arusnya tenang, daya erosi kecil dengan arah ke samping (horizontal), banyak terjadi pengendapan, di bagian muara kadang-kadang terjadi delta serta palungnya lebar.
Berikut ini adalah kegunaan / manfaat perairan darat bagi manusia yang ada di sekitarnya :
 1. Sumber energi pembangkit listrik
 2. Sebagai sarana transportasi
 3. Tempat rekreasi atau hobi
 4. Tempat budidaya ikan, udang, kepiting, dll
 5. Sumber air minum makhluk hidup
 6. Bahan baku industri
 7. Sumber air pertanian, peternakan dan perikanan
 8. Sebagai tempat olahraga
 9. Untuk mandi dan cuci
 10. Tempat pembuangan limbah ramah lingkungan
 11. Tempat riset penelitian dan eksplorasi
 12. Bahan balajar siswa sekolah dan mahasiswa
C.     Metode Pembelajaran
-                  Ceramah
-                   Tanya jawab
-                   Penugasan.
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar       
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar – gambar sungai
-          Internet
           
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi:
-          Guru menyapa siswa dan mempresensi.
-          Guru memimpin atau mempersilahkan siswa untuk memimpin do’a
-          Guru melakukan pengulangan terhadap materi sebelumnya
-          Guru memberikan petunjuk tentang materi yang akan di ajarkan

·         Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          Guru menjelaskan mengenai pola pembagian,jenis dan manfaat sungai
-          Tanya jawab mengenai pola pembagian,jenis dan manfaat sungai
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Mendiskusikan dan memahami pola pembagian,jenis dan manfaat sungai
-          Guru menarik kesimpulan analisis siswa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-          Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
-          Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Penutup
-          Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
-          Memberi penugasan berupa pekerjaan rumah
F.      Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Essai
1.      Tuliskan pengertian sungai menurut beberapa ahli?
2.      Sebutkan pola pembagian sungai secara umum?
3.      Carilah sungai yang menurut kalian unik dan menarik (minimal 3)!
Jawaban
1.      Sungai adalah sistem pengairan air dari muai hulu air sampai ke muara dengan dibatasi kanan-kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh sempadan sungai (sudaryoko,1986)
2.      Bagian hulu,tengah,dan hilir
3.      Sungai Nil (terdapat bendungan Aswan) dan sungai tamborasi (sungai terpendek di dunia)
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
nilai kualiatif
nilai kuantitatif
Deskripsi (alasan)

Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai Rata-rata




Komentar





Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
 Nilai kuantitatif
memuaskan
4
>80
Baik
3
68-79
Cukup
2
56-67
Kurang
1
<55

Mengetahui,                                                    April  .....
Kepala Sekolah                                               Guru Mapel Geografi

                                    

Komentar