Poster Propaganda di Zaman Uni Soviet

Pada saat masa berdirinya Negara Uni Soviet terutama masa-masa perang dunia ke 2 dan Perang Dingin, Poster Propaganda banyak dibuat untuk memberikan semangat dan arahan kebijakan pemerintah kepada rakyatnya. Selain itu poster propaganda juga dibuat sebagai wadah untuk menyebarkan ideologi-ideologi negara yang ada pada saat itu, terutama Ideologi Sosialis-Komunis dan Ideologi Demokrasi-liberal. Berikut ini adalah beberapa poster propaganda yang ada pada masa Uni Soviet berkuasa :

1.Jangan Menggosip!




Dua gambar diatas bermakna jangan berbicara dalam kehidupa sehari-hari,apalagi menyangkut berbicara tentang negara, mungkin saja pembicaraan anda di dengar atau bahkan lawan anda bicara adalah agen asing yang menyamar menjadi warga Uni Soviet untuk menjadi mata-mata.

2. Have you signed up as a volunteer ?



Untuk bertahan dari serangan “Blitzkrieg” Nazi Jerman pada operasi Barbarossa saat perang dunia 2,masyarakat Russia mati-matian bertahan pada serangan tersebut,poster tersebut mengajak rakyat Russia untuk menjadi relawan.

        3.     Defend Moscow!


Moskow (Moskwa) merupakan salah satu kota yang menjadi sasaran  Nazi Jerman untuk ditaklukkan dan yang paling parah kerusakannya selain kota Stalingrad dan Leningrad. Dalam poster ini,menggambarkan seruan agar rakyat mati-matian untuk membela dan mempertahankan Moskow dari serangan Nazi Jerman.

4.  Hitler di serang dari 3 Front!


Awal titik balik kekalahan Nazi Jerman adalah ketika kekalahan di front Timur dengan gagalnya menaklukan Stalingrad dan kekalahan di Front Afrika Utara ketika Jendral Montgomery berhasil mengalahkan “The Dessert Fox” Jenderal Rommel sehingga memungkinkan sekutu menyerang di tiga front sekaligus,Front Eropa Barat melalui Normandia diserang oleh AS dan Inggris, Front Selatan via Italia oleh AS dan Inggris dan juga Front Timur oleh Uni Soviet.

      5.   Tolak Marshall Plan!

Dalam poster tersebut  menggambarkan rakyat Russia menolakintervensi bantuan AS yang berupa Marshall Plan. Marshall Plan merupakan salah satu upaya membangun kembali kekuatan ekonomi negra-negara eropa dan negara-negara kecil yang terkena dampak setelah terjadinya perang dunia 2. Dalam poster tersebut terdapat perkataan stalin yang berbunyi = narody mira ne khotyat povtoreniya bedstviiy voiyny  “semua bangsa di dunia tidak ingin mengulangi bencana perang”.

6    6.  AS tidak bisa menghancurkan USSR

Dalam poster ini menggambarkan bahwa AS berupaya untuk menghancurkan dan membakar Uni Soviet,upaya tersebut dicegah oleh prajurit Uni Soviet.

7    7.   Belajar untuk kejayaan Uni Soviet

Untuk menyebar luaskan ideologi Komunis,pemuda Uni Soviet harus giat belajar,supaya kaya pemimpin besar Lenin dan Stalin.

8    8.      Nyet!!!

Tidak!... Poster ini merupakan salah satu poster dalam kampanye dilarang minum-minuman keras, walaupun Uni Soviet atau Rusia merupakan negara penghasil  Vodka dan rakyatnya minum vodka sebagai budaya, namun pada era Uni Soviet pernah dilakukan kampanye besar non-Alkohol sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 1958, 1972, 1985. Lihat lah cara pria tersebut menolak minuman yang diberikan, raut muka yang cool dan penuh kemantapan dalam menolak pemberian.

 9.    Propaganda ke Luar Angkasa

 


Uni Soviet pada saat itu boleh berbangga bahwa mereka maju dalam hal antariksa, mereka dapat mengorbitkan manusia pertama yang keluar Angkasa yaitu Yuri Gagarin.

      10.   The Patriot!

Poster yang menampilkan pemimpin besar Revolusi Vladimir Lenin beserta para patriot di belakangnya.

                                                                                   




Spashiba balshoy tovarishch!

Komentar