Sherlock Holmes dan Sir Arthur Conan Doyle

Sherlock Holmes dan Sir Arthur Conan Doyle

Patung Sherlock Holmes

                   Sherlock Holmes, tokoh detektif fiksi yang paling terkenal di dunia dan bagi sebagian orang adalah tokoh real atau nyata merupakan buah karangan dan imajinasi seorang dokter dari Skotlandia yang bernama Sir Arthur Conan Doyle. Tokoh Sherlock Holmes dibuat di akhir abad 19 dan diawal abad 20. Muncul pertama kali dengan kisah “Study in scarlet” (Penelusuran benang merah) tokoh Sherlock Holmes menjadi langsung terkenal dan bahkan katanya nama Sherlock Holmes sendiri lebih terkenal daripada sang pengarang itu sendiri yaitu Sir Arthur Conan Doyle.
Novel pertama kisah Sherlock Holmes

                  Sherlock Holmes biasa dibantu oleh partner atau teman setianya yang satu-satunya dai miliki yaitu Dr. Watson, seorang pensiunan dokter tentara yang pernah bertugas pada tentara Inggris di India. Selain itu, Sherlock juga bekerjasama dan sering diminta bantuan oleh Inspektur Lestrade dari kepolisian Scotland Yard apabila ada kasus yang tidak bisa dipecahkan oleh Polisi. Novel Sherlock Holmes banyak menginspirasi beberapa pengarang dalam karyanya, salah satunya adalah pengarang komik Jepang yaitu Aoyama Gosho yang juga pengarang komik Detektif Conan. Nama Conan diambil dari nama tengah sang pengarang Sherlock Holmes.


Dr. Watson dan Sherlock Holmes (yang megang cerutu)


v   Yang ikonik dari seorang tokoh fikis Sherlock Holmes

Sherlock Holmes

1.       Tentu saja topi deerstalker dan pipa cerutunya.

Topi pemburu rusa dan pipa cerutu
2.       Memproklamirkan diri sebagai Konsultan Detektif pertama dan satu-satunya di dunia...bayangkan saja seorang detektif yang kerjanya menyelidik punya seorang konsultan --”
3.       Menyebutkan teori penyelidikannya adalah berupa sains deduksi
4.       Detektif yang ahli dan mahir main biola
5.       Suka pakai Narkoba atau sakau ketika tidak ada kasus berat atau sesuatu yang dapat merangsang otaknya untuk berpikir berat.
6.       Bertempat tinggal di rumah Nyonya Hudson dengan menyewa kamar di sana. Alamatnya berada di Baker street 221B dan menjadi alamat yang terkenal dan banyak diketahui orang di seluruh dunia.
Baker Street 221B
 
Denah Kamar Sherlock Holmes
7.     Seperti pembela kebenaran lain kaya superman ama batman, pasti punya musuh bebuyutan. Holmes punya musuh bebuyutan yang bernama Profesor Moriarty Konsultan kriminal dan Napoleonnya kejahatan sebut Holmes.
Profesor Moriarty (Serem euy)
8.   Dalam penokohan digambar kan Holmes kadang digambarkan seorang yang anti sosial, dan menyampingkan perasaan dan lebih menonjolkan logika.
9.    Holmes mepunyai seorang kakak yang dikatakannya justru lebih pintar darinya yaitu Mycroft Holmes dan hanya satu wanita yang dapat membuat Holmes begitu tertatik pada diri seorang Irena Adler, Holmes tertarik ama itu cewe karena berhasil mengalahkan Holmes.
       
 
Mycroft Holmes dan Irene Adler
10.  Mempunyai anak buah berupa anak-anak jalanan dalam membantu penyelidikannya yang bertugas sebagai mata-mata.
Anak buah Holmes
11.  Dalam melakukan penyelidikan rela begadang dan ga makan selama berhari-hari.
12.  Selain diberkati dengan otak yang cemerlang, Holmes juga mempunyai keahlian beladiri jarak dekat kaya tinju dan juga mahir memainkan senjata seperti tongkat,tombak dan juga senjata api. Holmes juga bisa dikatakan ahli dalam penyamaran, kaya jadi seorang pastur yang terluka pada kisah Scandal in Bohemia.
13.  Karena salah satu hal yang disukainya adalah merokok,Holmes dapat membedakan berbagai jenis tembakau dan rokok dari abu yang dihasilkan...mungkin ga mengejutkan sih karena dia kan juga ahli di bidang deduksi.

v   Sedikit Kisah tentang Sir Arthur Conan Doyle
         
Sir Arthur Conan Doyle

          Lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tahun 1859. Dia belajar kedokteran di Universitas Edinburgh dan kemudian tinggal di London.Setelah menyelesaikan studinya, dia tidak banyak menjaani praktek sebagai dokter. Dia lebih banyak mencurahkan waktunya untuk menulis kisah-kisah dengan tokoh utama Sherlock Holmes yang termasyur. Novelnya yang pertama berjudul penelusuran benang merah (A Study in Scarlet) diterbitkan pada tahun 1887. Stelah penerbitan Tanda  Empat (The Sign of Four) pada Tahun 1890, beliau  meninggalkan dunia kedokteran untuk lebih banyak berkonsentrasi pada bidang penulisan cerita fiksi.

       Diantara kisah petualanagn dan roman yang ditulisnya,cerita fiksi detektif yang mengisahkan petualangan Sherlock Holmes merupakan hasil karya yang membawanya pada kejayaan popularitas. Bahkan, ketika Doyle bosan dengan tokoh holmes dan membunuhnya dalam Salam Terakhir (The Last Bow) yang terbit pada tahun 1893, para pembaca karyanya memaksa Doyle untuk menghidupkan lagi tokoh tersebut.

       Arthur Conan Doyle adalah penulis dengan penuh keunikan dan petualangan. Dia merupakan pejuang kemanusiaan, sejarahwan, pemburu ikan paus, atlet, wartawan perang, dan spritualis. Dia sendiri juga telah memenangkan dua kasus ketidakadilan terhadap orang tidak berdosa atas tuduhan tindak kejahatan, dengan menggunakan karya detektifnya. Conan Doyle dianugerahi gelar bangsawan atas karyanya di sebuah rumah sakit di Afrika Selatan selama perang Boer. Arthur Conan Doyle wafat pada tahun 1930.




Sumber Referensi Biografi Sir Arthur Conan Doyle mengutip dari buku The Case Book of Sherlock Holmes terbitan Alice Saputra Communications.

Komentar